Roni Sinaga

Learning Testing Writing…

Pengenalan Visual Studio.Net 2008

Pendahuluan

Microsoft Visual Studio.Net 2008 adalah sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu didalam membangun suatu program aplikasi yang berbasis komputer. Visual Studio.Net 2008 merupakan generasi yang terbaru yang dikeluarkan Microsoft dimana sebelumnya ada Visual Studio.Net 2003 & Visual Studio.Net 2005. Visual Studio.Net 2008 menggunakan .Net Framework 3.5.

Fitur Baru Visual Studio.Net 2008

1. Dukungan Terhadap Linq

Linq merupakan suatu fitur baru yang dikeluarkan oleh microsoft khususnya pada bahasa pemrograman C#. Linq sebenarnya adalah sekumpulan operator – operator query standard yang memampukan kita untuk bekerja dengan data yang ada dalam database. Teknologi yang digunakan oleh Linq didalam pemanipulasian data adalah menggunakan teknologi ORM (Object Relational Mapping) bukan teknologi konvensional yaitu RDBMS. Konsep dari teknologi ORM adalah menjadikan semua tabel yang terlibat dalam suatu aplikasi menjadi sebuah object dimana properti – properti dari object tersebut didapat dari kolom – kolom yang dimiliki oleh suatu tabel. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

linq1
Keuntungan dari Linq ini adalah kita dapat melakukan pengecekan query pada saat kompilasi program dilakukan dan juga kemampuan untuk mendebug query langkah per langkah.

2. Dukungan Terhadap Expression Blend

Expression Blend adalah aplikasi yang digunakan untuk mengenerate XAML untuk aplikasi silverlight. Kita dapat menginstall Expression Blend sebagai plug-in didalam Visual Studio.Net 2008. dengan menjadikan Expression Blend sebagai plugin akan membantu kita dalam design website dan pemakaian javascript.

3. Windows Presentation Foundation (WPF)

WPF banyak menyediakan fungsi grafis. Visual Studio.Net 2008 banyak memiliki library Windows Presentation Foundation dimana dengan fitur ini maka kita akan sangat terbantu didalam membangun aplikasi grafis 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D).

4. Dukungan Multi Framework

Visual Studio.Net 2008 mendukung banyak framework. Dalam artian dengan menggunakan Visual Studio.Net 2008 kita dapat melakukan kompilasi untuk framework 2.0, 3.0 dan 3.5 bahkan framework 1.1.

5. Dukungan Terhadap Ajax Dalam ASP.NET

Pada seri sebelumnya, untuk menggunakan ajax kita harus menginstall terlebih dahulu secara terpisah tidak built-in didalam visual studio.net nya. Namun dengan Visual Studio.Net 2008, library ajax akan secara otomatis terinstall ketika kita menginstall visual studio.net 2008.

6. Dukungan Terhadap Dubugging Untuk Javascript

Sejak munculnya javascript didalam pembangunan sebuah website, pada developer mengalami kebingungan didalam mencari kesalahan yang ada didalam javascript. Namun didalam Visual Studio.Net 2008 kita dapat melakukan debugging terhadap kesalahan – kesalahan yang mungkin terjadi didalam javascript.

7. Dukungan Terhadap Nested Masterpage (Masterpage Bersarang)

Sebenarnya Nested Masterpage sudah ada pada Visual Studio.Net 2005 namun ada permasalahan didalam Visual Studio.Net 2005 dimana Nested Masterpage tidak dapat diedit dalam mode designer atau dalam kondisi WYSIWYG. Namun dalam Visual Studio.Net 2008, pengeditan nested masterpage dapat dilakukan.

8. Dukungan Terhadap LINQ Intellisense dan Javascript Intellisense Pada Aplikasi Silverlight

Javascript Intellisense memungkinkan para developer tidak perlu lagi untuk mengingat – ingat syntax ataupun fungsi – fungsi yang ada didalam javascript karena Visual Studio.Net 2008 akan menampilkannya bagi kita seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Javscript Intellisense

Javscript Intellisense

Dengan adanya fitur ini maka pembuatan script client menggunakan javascript akan lebih mudah termasuk dalam aplikasi AJAX dan Silverlight.

9. Pengorganisasian Penggunaan Namespace Using dan Import

Dalam Visual Studio.Net 2008 pengorganisasian keyword using dan import menjadi lebih efisien dikarenakan Visual Studio.Net 2008 akan secara otomatis menghapus namespace yang tidak digunakan. Cara yang dilakukan adalah dengan select seluruh namespace, klik kanan dan pilih Remove Unused Usings. Hal ini dapat diperlihatkan pada gambar dibawah ini :

remove unused-namespace

remove unused-namespace

10. Intellisense Filtering

Dalam Versi Visual Studio.Net 2008, misalkan Visual Studio.Net 2005, ketika kita mengetikkan suatu huruf atau karakter lainnya kedalam kotak intellisense maka semua item yang berhubungan dengan huruf atau karakter tersebut akan dimunculkan. Sebagai contoh, ketika kita menuliskan huruf ’a’, maka seluruh item yang memiliki huruf a baik didepan, tengah atau belakang akan dimunculkan. Namun dalam Visual Studio.Net 2008 semua item yang diawali dengan huruf ’a’ saja yang akan dimunculkan.

11. Posisi Dari Kotak Intellisense

Pada Versi sebelumnya ketika kita mengetikkan suatu perintah dan diakhiri dengan tanda titik (’.’) maka kotak Intellisense akan muncul. Namun terkadang kemunculan kotak Intellisense ini mengganggu kita, misalkan fugsi atau perintah yang ada dibawah perintah atau fungsi yang memunculkan kotak Intellisense tertutupi sehingga kita tidak dapat mengetahui fungsi atau perintah tersebut. Namun dalam Visual Studio.Net 2008 hal ini dapat diatas dengan menekan tombol Ctrl. Dengan menekan tombol Ctrl maka kita membuat kotak tersebut jadi transparan. Dengan transparannya kotak intellisense ini maka perintah atau fungsi yang tertutupi tadi jadi kelihatan lagi.

12. Split View Pada Visual Studio.Net 2008

Pada Versi sebelumnya, tampilan Visual Studio.Net juga dapat dibagi atau displit. Namun split yang terjadi hanya secara horizontal. Namun Pada Versi Visual Studio.Net 2008 kita dapat membagi tampilan window secara vertical. Fitur ini memungkinkan developer untuk memanfaatkan layar monitor mereka yang lebar secara maksimum. Kemudian fitur yang menarik lainnya adalah apa yang kita select pada bagian source code akan juga secara otomatis menselect item yang sesuai dengan code pada window design.

13. Kesalahan HTML dan Javascript dijadikan Warning Bukan Error

Pada Visual Studio.Net 2005, error antara HTML dengan C# atau VB.Net digabungkan dalam 1 window. Namun pada Visual Studio.Net 2008, terjadi pemisahan dan juga error yang terjadi dari html dan javascript hanya dianggap warning bukan error. Fitur ini tidak mutlak dalam artian kita bisa menset atau membuat kesalahan pada HTML atau Javascript merupakan suatu erorr bukan warning.

14. Kemampuan Debugging Source Code Library .Net Framework

Dalam Visual Studio.Net 2008, kita dapat melakukan debug terhadap code – code yang ada dalam library .Net Framework baik method ataupun property. Misalkan kita ingin mendebug method Databind() dari control DataGrid. Maka yang kita lakukan adalah meletakkan pointer debugging pada method Databind() dan lakukan debug dengan menggunakan tombol F10 atau F11.

15. Library Silverlight sudah Built-In

Pada versi sebelumnya, untuk dapat membangun aplikasi silverlight maka kita harus melakukan instalasi Silverlight SDK secara terpisah. Namun dalam Visual Studio.Net 2008 maka kita silverlight sudah built-in dalam artian sudah terinstall otomatis bersamaan terinstallnya Visual Studio.Net 2008.

16. Visual Studio LINQ Designer

Dalam Visual Studio.Net 2008, kita sudah memiliki LINQ Designer dimana kita dapat mendesign secara visual keterhubungan antara tabel yang ada dalam satu database khususnya untuk LINQ-to-SQL. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya :

Linq Designer

Linq Designer

17. C++ SDK Built-In

Pada versi sebelumnya, sangat sulit untuk mendownload dan melakukan konfigurasi terhadap library dan tool – tool yang berhubungan dengan C++ SDK dalam membangun aplikasi windows. Namun dalam Visual Studio.Net 2008, library dan tool – tool ini sudah built-in.

18. Arsitektur MUI (Multilingual User Interface)

MUI mengandung paket library – library dari Microsoft Windows sampai kepada Microsoft Office. Hal ini mendukung pengguna untuk mengubah tampilan text bahasa sesuai dengan keinginan mereka. Saat ini ada 9 bahasa yang didukung yaitu antara lain English, Spanish, French, German, Italian, Chinese Simplified, Chinese Traditional, Japanese dan Korean.

19. Dukungan Terhadap Microsoft Popfly

Eksplorer dari Microsoft Popfly bersifat add-on dalam Visual Studio.Net 2008. dengan add-on ini kita dapat secara langsung melakukan hosting terhadap aplikasi silverlight dan object Marshup.

20. Tool dan Ebook Gratisan

Untuk mendukung pemakaian Visual Studio.Net 2008 maka Microsoft menyediakan versi gratisan seperti Visual Studio.Net Express, Visual C# Express, dll. Selain itu banyak juga ebook –ebook yang berhubungan dengan Visual Studio.Net 2008 yang bisa didownload secara gratis.


November 5, 2008 - Posted by | .Net 2008

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: